Langkah Yang Benar Dalam Mengobati Jerawat


Langkah yang benar mengobati jerawat - Anda merasa bahwa anda sudah melakukan berbagai pengobatan untuk menghilangkan jerawat pada kulit anda, akan tetapi jerawat anda tetap saja ada dan terus saja muncul maka mungkin saja langkah atau cara anda dalam mengobati jerawat yang salah. 

jerawat

Banyak orang yang salah dalam menangani jerawat, mereka hanya melakukan pengobatan jerawat yang sudah muncul tanpa melakukan upaya agar jerawat tidak muncul lagi. Perlu anda ketahui bahwa pengobatan jerawat bukan hanya menangani jerawat yang ada melainkan juga melakukan pencegahan agar jerawat tidak muncul kembali. Justru menurut saya, melakukan pencegahan agar jerawat tidak muncul lagi atau semakin banyak adalah hal utama barulah melakukan pengobatan. 

Selain itu ada hal lain juga yang perlu anda perhitungkan yaitu noda hitam bekas kerawat. Karena apabila anda salah dalam memperlakukan jerawat yang sudah muncul, maka resikonya adalah munculnya bekas jerawat berupa noda hitam yang justru akan lebih mengannggu penampilan anda.

Jadi disini yang akan kita bahas adalah step by step atau langkah demi langkah yang benar dalam menangani jerawat yang muncul pada kulit anda agar cepat menghilang dan tidak muncul kembali. Dan untuk menangani jerawat ada beberapa fase atau langkah yang harus anda lalui, antara lain :
1. Menghindari penyebab timbulnya jerawat
2. Mengobati jerawat
3. Menghilangkan bekas jerawat

Cara Yang Benar Dalam Menangani Jerawat


Ketiga langkah tersebut haruslah dipenuhi semua, karena langkah tersebut mempengaruhi satu sama lain, sehingga apabila satu saja tidak dipenuhi maka bisa dibilang langkah anda dalam mengatasi jerawat salah.
Jika selama ini anda hanya mengetahui bahwa mengatasi jerawat hanyalah melakukan pengobatan saja, maka itu salah. Karena untuk mengatasi jerawat anda dua faktor pendukung lainya yang akan membuat anda sukses dalam mengatasi jerawat.

Menghindari Penyebab Timbulnya Jerawat


Hal pertama yang harus anda lakukan dalam mengatasi jerawat bukanlah pengobatan, melainkan melakukan tindakan agar tidak muncul lagi jerawat-jerawat yang baru. Anda perlu mengetaui apa penyebab jerawat anda itu muncul, apakah karena kosmetik, kebiasaan yang tidak sehat, tingkat stress atau juga karena faktor genetik. Dengan mengenali berbagai penyebab tersebut anda bisa melakukan langkah-langkah pencegahan agar jerawat tidak muncul.

Cara menghilangkan jerawat

Untuk kali ini yang akan kita bahas adalah penyebab jerawat karena kebiasaan yang tidak sehat. Karena hal tersebut adalah faktor yang paling sering atau faktor utama yang menyebabkan jerawat muncul. Apabila anda ingin mengetahi secara lengkap mengenai penyebab timbulnya jerawat lainya dan cara pencegahanya bisa anda baca pada link berikut :

Mengenali penyebab jerawat untuk melakukan pencegahan

Kenapa kebiasaan yang tidak sehat adalah faktor utama yang menjadi penyebab timbulnya jerawat,? karena faktor yang lain juga dipengaruhi oleh faktor ini.

Kebiasaan yang tidak sehat yang kita maksud disini adalah kebiasaan kurangnya menjaga kebersiahan kulit, terutama kulit wajah anda. Perlu anda ketahui, jerawat muncul karena adanya sumbatan pada pori-pori kulit yang bercampur dengan minyak dari dalam tubuh dan tumbuhnya bakteri sehingga menyebabkan peradangan. Jadi untuk menghindari ytimbulnya jerawat bisa kita lakukan salah satunya dengan menjaga agar kulit kita selalu bersih dan terhidnar dari debu dan kotoran lainya. Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan adalah bermalas-malasan mencuci muka setelah beraktivitas atau seusai berada ditempat yang terdapat banyak debu, polusi dan kotoran lainya yang bisa saja menempel pada kulit kita. Selain itu, ada beberapa kasus untuk beberapa orang terutama bagi seorang laki-laki yaitu malas mandi. Untuk laki-laki, jerawat bukan hanya muncul pada wajah saja, melainkan pada area lain seperti pungung dan juga lengan. 

Untuk itu, sebaiknya mulai sekarang rajin-rajin mencuci muka dan jangan malas-malasan untuk mandi. Segera hilangkan kebiasaan-kebiasaan tidak sehat agar jerawat tidak lagi muncul dan usaha anda dalam mengatasi jerawat bisa berhasil secara sempurna karena tidak ada lagi jerawat yang muncul dan menganggu penampilan anda. Hal yang sederhana, akan tetapi bila anda terapkan dikehidupan sehari-hari dan jadi kebiasaan yang baik maka anda akan merasakan manfaatnya.

Mengobati Jerawat


Setelah anda memperbaiki kebiasaan anda agar jerawat tidak muncul lagi, langkah selanjutnya adalah mengobati jerawat yang saat ini sudah terlanjur muncul. Perlu anda ketahui sebelum kita berlanjut ke cara mengobatinya, bahwa dalam menangani jerawat ini tidak boleh sembarangan. Kita tidak boleh melakukan hal-hal yang dapat menjadikan jerawat akan menimbulkan bekas yang sangat mencolok ketika sudah sembuh. Pengobatan atau penanganan jerawat yang tepat adalah meminimalisir atau mengurangi resiko sekecil mungkin jerawat tersebut menimbulkan bekas, atau setidaknya agar bekasnya tidak terlalu lebar atau tidak terlalu kelihatan. Karena jerawat ini sangat sensitif sekali, apabila kita salah dalalm penanganan maka rseikonya adalah timbulnya noda hitam bekas jerawat yang juga akan menganggu penampilan kita karena akan menjadikan kulit kita terlihat kusam dan kotor.

jeruk nipis

Ada beberapa hal yang harus anda hindari agar jerawat tidak semakin parah dan juga tidak menimbulkan bekas luka yang mencolok:

Yang pertama yang harus anda hindari adalah memencet jerawat sampai mengeluarkan cairan kental berwarna putih yang juga biasanya dibarengi dengan darah. Kebanyakan orang sangat sering sekali melakukan kesalahan ini dengan alasan seperti rasa tidak nyaman, gatal, gemas dan lain sebagainya. Akan tetapi ini merupakan hal yang salah, karena jerawat yang diletuskan akan menimbulkan luka luar pada permukaan kulit yang akan menimbulkan noda hitam bekas jerawat semakin tebal, bahkan kemungkinan terburuknya adalah membuat kulit menajdi bergelombang (bekas luka). Untuk itu sebaiknya anda benar-benar menghindari hal ini.

Ksalahan kedua yang biasanya juga dilakukan adalah memegang jerawat secara sembarangan. Meskipun hanya sekedar memegang atau mengelusnya saja, akan tetapi dengan mengunakan tangan secara langsung dan tangan anda dalam keadaan tidak steril, maka dapat mengakibatkan jerawat menjadi meradang. Biasanya jerawat yang meradang biasanya akan semakin besar dan tersa njeri pada sekitar area jerawat. Untuk itu, sebaiknya anda juga menghindari hal ini, karena semakin lebar jerawt maka semakin lebar juga bekas yang ditimbulkan.

Setelah kita mengetahui apa saja kesalahan atau apa saja yang tidak boleh anda lakukan sekarang saatnya kita melakukan pengobatan agar jerawat mengempes atau mengecil dan sembuh.

Sebenarnya ada beberapa obal alami yang bisa menjadi pilihan seperti jeruk nipis, kunyit, lidah buaya, daun sirih dan masih banyak lagi. Terserah anda mau mengunakan yang mana, semua bahan tersebut berfungsi untuk meredakan jerawat dengan membunuh bakteri bakteri yang menyebabkan peradangan dan menenangkan kulit. Anda bisa mengunakan salah satu bahan tersebut yang mudah anda temukan dirumah atau sekitar lingkungan anda, jadi anda tidak perlu repot-repot mencari dipasar. Untuk pada pembahasan kali ini yang akan kita gunakan adalah jeruk nipis.

Untuk mengobati jerawat dengan mengunakan jeruk nipis sangatlah mudah, karena anda hanya membutuhkan jeruk nipis dan kapas. Anda hanya perlu membelah jeruk nipis menjadi kedua bagian kemudian diperas pada satu wadah. Kemudian basahi kapas yang tadi sudah disiapkan dengan mengunakan perasan jeruk nipis. Kemudian kapas yang sudah berisi air perasan jeruk nipis dioleskan kepermukaan kulit yang terdapat jerawat. Biasanya saat jerawat diolesi dengan air jeruk nipis akan sedikti terasa perih, akan tetapi justru itu menandakan bahwa obatnya berfungsi. Kemudian biarkan sampai air jeruk yang menempel pada kulit sampai mengering, barulah setelah kering bisa anda bilas dengan mengunakan air bersih.

Untuk pengobatan dengan mengunakan jeruk nipis ini tidak dilakukan setiap hari, cukup anda lakukan 2 hari sekali sampai jerawat pada kulit wajah anda mengempes atau kering. Apabila seudah sembuh tidak perlu anda lakukan lagi, yang perlu terus anda lakukan setiap hari secara rutin adalah melakukan pencegahan agar jerawat tidak muncul lagi, salah satunya dengan menjaga kebersihan.

Akan tetapi jika luka jerawat yang sudah mengempes atau sembuh tadi meningalkan bekas berupa noda hitam pada permukaan kulit, maka anda bisa meneruskan perawatan mengunakan jeruk nipis sebagai upaya untuk menghilangi noda hitam tersebut. Karena selain berfungsi untuk mengobati jerawat, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda hiram bekas jerawat. Memang caranya agak sedikit berbeda, untuk lebih jelasnya akan dibahas pada langkah selanjutnya untuk mengatasi jerawat.

Menghilangkan Bekas Jerawat


Perlu anda ketahui bahwa untuk mengatasi permasalahan jerawat tidak hanya berhenti pada pengobatan saja, karena anda harus melakukan langkah selanjutnya. Karena permasalahan yang ditimbulkan oleh jerawat berlumberhenti dan masih berlanjut. Jerawat yang sudah sembuh kemungkinan besar akan menimbulkan bekas berupa noda hitam. Setiap jerawat memiliki ketebalan dan lebar bekas yang berbeda, tergantung ukuran dan penanganan pada pengobatan jerawat. Selama tidak melakukan kesalahan dalam melakukan pengobatan seperti yang sudah saya jelaskan pada tahap pengobatan tadi, maka resiko munculnya noda hitam bekas jerawat bisa diminimalisir atau dikurangi volumenya.

Karena noda hitam bekas jerawat ini sangat menganggu penampilan kita seperti halnya jerawat, maka tentu kita juga harus memusnahkannya. Sepertihalnya jerawat, kita bisa mengunakan beberapa bahan untuk menghilangkan bekas jerawat, seperti jeruk nipis, putih telur, beras, lidah buaya dan masih banyak yang lainya. Tidak perlu mengunakanya satu-satu, cukup pilih salah satu yang mudah anda temukan dilingkungan anda dari berbagai bahan tersebut. Untuk pembahasan kali ini yang akan kita gunakan adalah jeruk nipis.

cara menghilangkan bekas jerawat

Untuk cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dengan mengunakan jeruk nipis ini tidaklah terlalu sulit. Anda hanya peru menyiapkan jeruk nipis kemudian dibelah menjadi dua dan diperas airnya. Kemudian air perasan jeruk nipis dioleskan keseluruh bagian kulit wajah, terutama pada kulit yang terdapat noda hitam bekas jerawat. Sembari dioleskan air perasan jeruk nipis, gosok pula kulit wajah anda terutama pada kulit yang terdapat bekas jerawat dengan mengunakan jari-jari anda secara perlahan. Lakukan langkah ini beberapa menit agar sel-sel kulit mati pada wajah anda bisa terangkat dan noda hitam secara bertahap akan menghilang. Kemudian setelah dirasa bahwa kulit mati sudah terangkat seluruhnya, langsung bisa anda bilang dnegan mengunakan air bersih.

Jangan berangapan bahwa dengan melakukan langkah ini satu kali saja bekas jerawat pada kulit anda akan langsung hilang, karena membutuhkan beberapa kali sampai bekas jerawat benar-benar bersih. Akan tetapi dengan melakukan langkah ini tentu saja waktu yang dibutuhkan akan lebih singkat dari pada apabila anda membiarkannya begitu saja atau hanya dengan mencuci muka setiap hari.

Seperti halnya pada langkah pengobatan jerawat, pada langkah menghilangkan bekas jerawat ini juga tidak dilakukan setiap hari. Cukup lakukan 2 hari sekali dan berhenti ketika noda hitam pada kulit anda sudah hilang.

Nah, sekarang langkah dalam mengatasi jerawat sudah selesai. Yang perlu anda lalukan sekarang dan terus anda lakukan adalah langkah yang pertama yaitu melakukan pencegahan agar jerawat tidak lagi muncul pada kulit anda. Dan pencegahan dari munculnya jerawat adalah hal yang mutlak harus anda lakukan, karena apbila sampai jerawat muncul kembali, berarti anda harus melakukan lagi langkah kedua dan ketiga. Untuk itu, langkah yang paling baik dalam mengatasi permasalahan jerawat adalah pencegahan.

Mungkin itu saja bahasan kali ini mengenai langkah yang benar dalam menangani jerawat yang bisa saya sampaikan dan semoga bisa menjadi manfaat bagi para pembacanya. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik linya dan membagikan artikel ini kepada teman-teman anda yang memiliki masalah dengan jerawat, terimakasih.


EmoticonEmoticon